Bengkel excavator PC 50,PC 75,PC 100,PC 200 mulai merek Hitachi,Komatsu

Tempat jasa service alat berat

Pahami Lebih Lanjut tentang Overhaul Mesin Alat Berat dan Tujuannya

Mesin yang setiap hari digunakan, tentunya akan mengalami performa kerja dalam kurun waktu tertentu. Tak heran jika mesin alat berat juga membutuhkan perawatan yang baik supaya tidak terjadi overhaul mesin secara mendadak. Beberapa mesin alat berat yang harus anda perhatikan perawatannya seperti mesin excavator, mesin loader, mesin dozer, mesin genset, crane, mesin vibro, dan masih banyak lainnya membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga performanya.

Dalam bahasa bengkel sendiri, overhaul merupakan suatu hal yang dilakukan dengan tujuan melakukan perbaikan pada sebuah mesin. Saat anda mendengar kata overhaul, kata satu ni memang lebih dikenal dengan sebutan turun mesin. Biasanya mesin-mesin bisa mengalami penurunan kinerja yang bisa menyebabkan mesin tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal. Bisa disimpulkan jika overhaul mesin berat atau turun mesin adalah salah proses yang dilakukan untuk membongkar mesin dan memeriksanya untuk bisa meningkatkan performanya kembali.

Mengapa anda harus melakukan overhaul pada mesin berat?

Overhaul mesin berat memang dibutuhkan supaya mesin yang anda miliki bisa bekerja secara maksimal. Tujuan dari proses overhaul mesin satu ini sangat berguna dalam membersihkan keadaan mesin, khususnya pada bagian sisa pembakaran karbon, ruang bahan bakar, mengatur ulang klep, mengecek keadaan komponen lain di dalam mesin dan berupaya mengembalikan performa mesin alat berat ke keadaan semula.

Beberapa indikasi jika mesin alat berat harus dilakukan overhaul

Overhaul atau sering disebut dengan turun mesin memang bisa anda lakukan jika mesin sudah mendapatkan beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini. Yang pertama, saat terjadi power engine low atau saat tenaga mesin sudah cukup menurun performanya maka anda harus lakukan overall secepatnya sebelum terjadi kerusakan yang lebih berat nantinya. Biasanya munculnya power engine low dikarenakan adanya kebocoran kompresi yang diakibatkan oleh liner ataupun ring piston yang sudah aus, atau valve bisa juga sudah aus. Adanya timing pembakaran yang sudah tidak berfungsi maksimal dan pompa injeksi yang cukup aus juga bisa mempercepat munculnya overhaul mesin.

Penyebab lain untuk overhaul adalah suara mesin yang terdengar kasar dan ada guncangan dahsyat saat mesin dioperasikan. Guncangan mesin juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti kepuasan, kerusakan di beberapa komponen, main bearing yang longgar bahkan bisa juga adanya kerusakan pada oil pump. Hal tersebut bisa terjadi saat alat berat mengalami kerusakan. Jangan sampai membuat kerusakan yang semakin melebar sehingga lebih sulit untuk dibenarkan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat overhaul mesin alat berat

Ada beberapa hal yang harus anda tahu terlebih dahulu sebelum overhaul seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun, anda seharusnya sudah tahu dan memastikan jika sudah melakukan semua pemeriksaan menyeluruh terkait komponen mesin di dalamnya, seperti anda sudah mengganti seal, dan lainnya, bahkan anda juga harus membersihkan saluran yang ada di engine block. Pastikan jadwal maintenance mesin sudah melakukan beberapa pengukuran tersebut di dalam interval overhaul.

Biasanya proses interval overhaul ditunjukkan berdasarkan total jumlah bahan bakar yang sudah digunakan dan service hour mesin. Bahkan interval overhaul sebenarnya sudah bisa menunjukkan nilai rata-rata yang dibutuhkan mesin dalam batas waktu overhaul bisa lebih lama ataupun cepat. Namun hal tersebut kembali pada pemakaian mesin masing- masing.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya terkait service hour. Service hour bisa dikatakan sebagai nilai rata-rata asumsi untuk faktor load factor engine yang sudah diatur dan sesuaikan dengan aplikasinya. Jika pada hour sudah tercantum terlalu tinggi maka mesin sudah beroperasi dengan beban yang sangat tinggi melewati kapasitasnya. Namun jika menunjukan lebih ringan, artinya mesin tersebut sudah dioperasikan dengan beban yang lebih ringan ataupun sudah seharusnya. Adanya pengurangan hour untuk jam operasional mesin juga bisa menurunkan kebutuhan energy yang diperlukan pada mesin. Adanya penurunan energy rata-rata yang muncul pada mesin juga bisa meningkatkan usia mesin dan meningkatkan overhaul mesin, demikian pula sebaliknya.

Salah satu indikasi penentu untuk overhaul lainnya adalah total fuel consumption – salah satu indikator dari pembebanan yang terjadi [pada mesin. Saat beban pada mesin semakin tinggi maka total fuel consumption juga lebih tinggi meskipun indikator ini sering diabaikan saat melakukan overhaul. Faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah kualitas bahan bakar yang digunakan, konsistensi untuk preventive maintenance, oli yang digunakan, kebisingan pada mesin dan kondisi mesin saat digunakan. Hal tersebut memang tidak bisa anda lihat dengan mudah karena membutuhkan kemampuan teknisi atau mekanik dalam menemukan permasalah yang muncul.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa faktor lain yang bisa memperparah kondisi mesin alat berat dan membuat mesin mengalami overhaul lebih cepat. Kondisi tersebut memang biasanya sudah melewati standar mesin tersebut. biasanya bengkel sendiri sudah meminta anda untuk selalu memperhatikan beberapa hal yaitu kualitas bahan bakar, horsepower, konsumsi bahan bakar, memilih poli, batas rpm, dan masih banyak lainnya.

Bahkan faktor lingkungan juga memberikan pengaruh pada kondisi mesin saat digunakan. Lingkungan yang mempunyai suhu ekstrem bisa merusak komponen pada mesin. Misalnya saja suhu ekstrem seperti suhu yang terlalu dingin ataupun suhu yang terlalu panas. Salah satu komponen yang rentan rusak akibat perubahan suhu seperti valve. Valve bisa rusak dikarenakan penumpukan karbon jika mesin dalam keadaan menyala dan kondisi dengan suhu sangat dingin. Lalu untuk suhu yang terlalu panas dapat mengurangi kinerja mesin tersebut.

Ada pula faktor lain yang berpengaruh, seperti kebersihan. Seperti peralatan lainnya yang membutuhkan proses pembersihan secara berkala, demikian pula dengan mesin juga membutuhkan hal sama. Komponen di dalam mesin jika tidak dibersihkan secara rutin justru bisa merusak komponen mesin terlebih lagi jika mesin alat berat sering terkena kotoran, debu bahkan lumpur yang bisa menyebabkan timbulnya kerak. Tentu saja hal tersebut membutuhkan perawatan berkala dan mungkin sulit dilakukan. Jika hal tersebut berlangsung lama, maka kerak tersebut bisa mengendap dan menyebabkan karat yang bisa merusak mesin tersebut.

Bagaimana melakukan overhaul pada mesin alat berat?

Cara yang dilakukan pada overhaul mesin sebenarnya hampir mirip dengan proses overhaul mesin pada umumnya. Anda bisa siapkan beberapa peralatan pendukung seperti chain block, kunci ring,martil, set obeng, dan masih banyak lainnya. Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah membongkar mesin bisa dimulai dari proses mengangkat cylinder head dan melepaskan baut pengikatnya. Setelah melepas cylinder head, mesin sudah ada di bagian bawah maka anda dapat melepas karter oli oan sekaligus pompa oli. Anda bisa lepaskan cover timing gear agar bisa mengeluarkan piston dan crankshaft. Semua proses tersebut tentunya membutuhkan tenaga ahli dan profesional seperti di service alat berat terpercaya.

Setelah melepas beberapa komponen tersebut, pastikan anda jangan lupa untuk menyimpan dan mengumpulkan mur di dalam wadah agar tidak hilang. Lebih baik jika anda bisa dokumentasikan beberapa barang tersebut agar tidak muncul kesalahan saat proses memasangnya kembali.

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika alat berat adalah salah satu komponen penting di dalam dunia konstruksi. Setiap proyek tentunya membutuhkan alat yang dapat membantu dalam proses efektivitas kerja. Di industri konstruksi sendiri, ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan alat berat, misalnya saja membangun proyek perumahan, gedung tinggi, dan masih banyak lainnya.

Alat berat yang anda gunakan membutuhkan perawatan dan service alat berat secara berkala untuk mencegah adanya kerusakan dan kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh mesin yang tidak dirawat dengan maksimal. Proses pemeliharaan alat berat merupakan langkah preventif untuk mempertahankan nilai dari mesin alat berat tersebut. saat mesin dalam keadaan baik, maka mesin tersebut mempunyai umur lebih panjang dan menjaga operator di dalamnya juga aman.  Tak hanya itu saja, adanya pemeliharaan secara berkala bisa memberikan garansi untuk ketersediaan mesin yang digunakan. Agar mesin alat berat anda tetap terjaga, ada beberapa hal yang bisa anda coba untuk menjaga performa mesin alat berat.

Adanya catatan harian untuk penggunaan mesin alat berat

Hal utama yang harus anda perhatikan adalah membuat catatan harian untuk penggunaan mesin alat berat. Anda harus memantau efektifitas penggunaannya. Biasanya mesin alat berat tersebut sudah dilengkapi dengan GPS atau mesin pelacak. Anda bisa menggunakan alat tersebut dalam mengawasi penggunaan mesin dengan lebih mudah.

Lindungi mesin selama masa penyimpanan

Tentunya beberapa alat berat tidak dimanfaatkan setiap hari. Tak heran jika saat menyimpan alat berat, pastikan anda melakukannya dengan benar. Bagian mesin harus disimpan dengan penutup, seperti mixer, mesin motor, dan peralatan lainnya hanya membutuhkan rotasi sesering mungkin. Pastikan anda tak lupa untuk memeriksa setiap bagian dari mesin alat berat yang tidak digunakan.

Adanya jadwal pemeliharaan mesin alat berat

Anda harus paham jika ada beberapa komponen mesin alat berat yang mempunyai masa pakai dan hal tersebut tidak bisa anda hindar. Nah, anda harus benar-benar mengetahui jadwal pemeliharaan alat berat yang sudah dibuat secara berkala. Anda bisa mengganti komponen tersebut berdasarkan jadwalnya. Saat rutin memeriksa alat berat tersebut, anda bisa menghindari kerusakan lebih lanjut. Jika anda ingin mengganti spare part alat berat, maka anda bisa juga gunakan jasa dari PT Alif Khadafi Indonesia sebagai perusahaan multinasional yang bergerak di bidang service alat berat salah satunya overhaul untuk loader, excavator, road sweeper, crane, stone crusher, dan berbagai merek alat berat lainnya.

Tujuan dari pemeliharaan dan perawatan berkala untuk alat berat adalah untuk menjaga kondisi mesin alat berat selalu dalam kondisi prima sesuai dengan spesifikasinya. Dengan kondisi yang bagus, maka mesin alat berat bisa menghasilkan:

  • Meminimalisasikan kerusakan mendadak
  • Mesin alat berat bisa bekerja lebih efisien dan efektif
  • Kesiapan alat yang digunakan bisa beroperasi tinggi
  • Biaya operasional lebih terjangkau
  • Keamanan kerja menjadi lebih terjamin
  • Usia alat yang dirawat dengan baik menjadi lebih maksimal
  • Harga unit untuk alat bekas yang terawat menjadi lebih tinggi

Dengan perawatan mesin alat berat yang baik, beberapa poin diatas bisa anda dapatkan sehingga target produksi yang diinginkan bisa tercepat dan dapat mendukung keuntungan bisnis dengan biaya lebih terjangkau. Jika anda ingin overhaul atau mengganti sparepart, anda bisa membawanya ke bengkel alat berat