021-22120628
081381115645

Kenali jenis alat berat dan fungsinya

Rabu, Desember 18th 2019.

Bengkel Alat Berat

Ketika mendengar alat berat, Anda mungkin akan langsung membayangkan alat konstruksi berukuran besar. Namun sebenarnya, alat berat digunakan juga di sektor lain, sebut saja pertanian. Karena dipakai dalam sejumlah bidang, model atau jenis alat berat yang disediakan pun cukup beragam. Mari kenali detailnya lewat daftar berikut ini!

Jenis alat berat dan fungsinya

 

  1. Truk

Anda pasti familier dengan alat berat satu ini. Truk umumnya dirancang untuk mengangkut bahan bangunan seperti tanah, pasir, bebatuan, dan jenis material lain untuk kebutuhan konstruksi. Ukuran truk yang digunakan pun disesuaikan kondisi lapangan, volume material, biaya, dan waktu yang diperlukan. Kapasitas pada sebagian besar truk bisa empai hingga lima kali lipat kapasitas alat gali. Ada yang lebih besar, hanya saja jarang dipakai karena dianggap kurang efisien.

Motor grader

Jenis alat berat ini biasanya dipakai pekerja konstruksi untuk meratakan tanah atau permukaan yang telah ditentukan. Fungsi-fungsi lain yang dapat dikerjakan motor grader mencakup pemotongan untuk memperoleh profil atau bentuk tanah, pengerukkan dan pemotongan untuk membuat saluran, serta mencampur hingga meratakan material bangunan di lapangan. Keberadaannya sangat dibutuhkan dalam proyek konstruksi skala besar.

Motor scraper

Walau namanya hampir sama dengan motor grader, jenis alat berat ini akan lebih sering Anda jumpai di proyek infrastruktur seperti bendungan atau tanggul. Pasalnya, motor scarper didesain sedemikian rupa untuk memotong lereng untuk bendungan atau tunggul yang notabene sangat keras. Di samping itu, motor scarper bisa diandalkan juga bagi Anda yang membutuhkan alat berat multifungsi untuk menggali tanah di antara bangunan beton atau meratakan jalan raya.

Compactor

Dikenal juga dengan nama alat pemadat, compactor digunakan pekerja konstruksi dalam proses memadatkan tanah. Dengan begitu, butiran tanah dapat tersusun kembali supaya lebih padat dan rapat. Compactor pun terdiri dari beberapa jenis, antara lain three wheel roller, tander roller, sheepfoot type roller, pneumatic tire roller, soil compactor, hingga landfill compactor. Anda hanya tinggal memilih jens compactor sesuai kebutuhan proyek.

Asphalt finisher

Anda mungkin bisa menebak fungsi alat berat ini dari namanya. Ya, asphalt finisher berfungsi untuk meratakan campuran aspal yang sudah diolah sebelumnya. Akan tetapi, karena hanya digunakan dalam tahap finishing, ada kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Pada asphalt finisher, terdapat roda kelabang manuver yang mempunyai daya ambang kasar. Jadi, Anda perlu memperhatikan roda tersebut saat memakai alat berat ini.

Truk Crane 

Seperti truk, crane adalah jenis alat berat yang ditugaskan untuk mengangkut di proyek konstruksi. Cara kerja alat berat ini adalah dengan mengangkut material, lalu memindahkannya secara vertikal maupun horizontal. Setelah itu, material bangunan tersebut diturunkan di lokasi yang sudah Anda tentukan. Jenis crane pun cukup beragam dan bisa dipakai berdasarkan pengoperasiannya, sesuai proyek hingga bujet yang tersedia.

Pneumatic the roller

Nama alat berat ini mungkin terdengar seperti nama tokoh di film thriller. Di bidang konstruksi, pneumatic the roller merupakan alat yang berfungsi untuk menuntaskan sejumlah pekerjaan berat, sebut saja menggilas material granular. Tak hanya itu, alat berat tersebut bisa Anda andalkan dalam tahap penggilasan lapisan hot mix. Hal ini disebabkan desain dan material alat yang memungkinkan pneumatic the roller tahan terhadap bahan panas atau berat.

Bulldozer 

Tak asing dengan nama alat berat ini, bukan? Bulldozer merupakan jenis alat berat yang umumnya dipakai dalam tahap pengelolaan lahan. Misalnya, untuk mendorong tanah upaya lurus ke depan atau samping. Hal ini tergantung pula dari sumbu kendaraan yang Anda pakai. Namun, sebagian besar bulldozer mempunyai jarak tempuh cukup pendek meski alat berat tersebut sanggup menahan beban sangat berat.

Excavator 

Selanjutnya, ada excavator yang biasanya digunakan untuk menggali tanah dalam proyek konstruksi. Anda bahkan dapat memanfaatkan alat berat ini sebagai pengangkut material untuk dialihkan ke truk. Kemiripannya dengan bulldozer memudahkan Anda dalam pengoperasiannya. Hanya saja, Anda juga harus mengantisipasi kekurangan yang dimiliki excavator. Sebut saja pengoperasiannya yang hanya dapat dilakukan dalam jarak dekat.

Wheel loader, track loader

Dibandingkan alat-alat berat lainnya, wheel loader, track loader mempunyai fungsi yang terbilang ‘ringan’, yakni memindahkan material atau bahan bangunan ke jenis alat berat lain atau lokasi yang sudah Anda tentukan. Pengoperaian wheel loader, track loader pun menyerupai bulldozer. Sayangnya, dari segi jarak tempuh, alat berat tersebut mempunyai kemampuan lebih terbatas ketimbang excavator.

Merek-merek alat berat yang populer di Indonesia

Selain jenis, merek alat berat untuk konstruksi maupun bidang lain di Indonesia tersedia cukup banyak. Walau begitu, Anda harus hati-hati dalam memilih profil perusahaan yang memproduksi alat berat tersebut. Sebagai panduan, berikut ini lima merek alat berat yang paling populer di Indonesia.

  1. Caterpillar Inc

Pernah melihat crane dengan label CAT di bodinya? Berarti alat berat tersebut adalah salah satu produk yang dikeluarkan Caterpillar Inc, sebuah merek alat ternama di dunia yang telah dipercaya banyak negara, termasuk Indonesia. Tak hanya itu, Caterpillar Inc. termasuk perusahaan tertua di bidangnya, karena telah mengembangkan produknya selama lebih dari 90 tahun.

Komatsu Indonesia

Didirikan oleh PT Komatsu Ltd dengan PT United Tractors sebagai distributor resmi di Indonesia, Komatsu adalah perusahaan terkenal lainnya yang menyediakan alat-alat berat berkualitas. Bahkan Komatsu jadi salah satu basis produksi Global Komatsu yang punya kelebihan seperti fasilitas produksi yang terdiri atas pabrik, komponen, hingga bengkel mesin alat berat terlengkap.

Hitachi Construction Machinery Co., Ltd

Masih berpusat di Jepang, Hitachi merupakan produsen alat berat kontruksi serta pertambangan yang sudah eksis sejak 1910. Hitachi yang didirikan Namihei Odaira, insinyur listrik dari Jepang, sudah memasarkan produk-produknya lewat jangan global ke berbagai negara di dunia. Salah satu produk yang dibanggakan dari Hotachi adalah eskavator hidrolik berbagai ukuran.

Volvo Construction Equipment-Volvo CE

Volvo yang berasal dari Gothenburg, Jerman, telah lama berkecimpung di sektor peralatan konstruksi premium selama lebih dari 180 tahun. Dengan jumlah karyawan lebih dari 14.000 orang, Volvo memproduksi berbagai alat berat seperti articulated haulers, wheel loader, excavator, hingga alat-alat penanganan bahan bangunan.

Doosan Infracore Co, Ltd

Terakhir, ada Doosan Infracore, salah satu anak perusahaan Grup Doosan yang secara khusus bergerak di mesin konstruksi. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1896 tersebut mempekerjakan sekitar 41.400 karyawan yang tersebar di 38 negara, termasuk di Indonesia. Doosan Infracore yang berasal dari Korea telah dipercaya berbagai perusahaan karena kualitas alat tinggi.

Itulah jenis hingga merek alat berat yang digunakan di Indonesia. Semoga pengetahuan maupun wawasan Anda di bidang ini bertambah luas!

Artikel ini Persembahan PT ALIF KHADAFI INDONESI

Rental alat beratpenjualan alat beratservice alat berat

 

  • Mesin :  Filter Hidraulik airman, Filter Hidraulik Cat, Filter Hidraulik crane, Filter Hidraulik dosan, Filter Hidraulik excavator, airman, Filter Hidraulik Cat, Filter Hidraulik  dosan,Filter Hidraulik  hitachi
  • Durasi : MINGGUAN
  • Durasi : BULANAN
  • Termasuk : operator
  • Mesin : Airman Kubota D1503-K3A
  • Tahun Pembuatan : 2017
  • Kapasitas : 10.5kVA (50Hz), 13kVA (60Hz)
  • Harga : Rp Nego tergantung tinggi
  • Durasi : 1 bulan
  • Termasuk : operator + solar +boom lift
  • Mesin : American Samoa
  • Tahun Pembuatan : 2000 S/d 2016
  • Kapasitas : 100 init / bulan
  • Durasi : 1 BULAN
  • Termasuk : Tidak termasuk operator & solar
  • Mesin : American Samoa
  • Tahun Pembuatan : 2016
  • Kapasitas : 227 kg lifting capacity | 40 METER