Rekomendasi Mobil Crane yang Dapat Membantu Proyek Anda

Rekomendasi Mobil Crane yang Dapat Membantu Proyek Anda

Dalam sebuah pekerjaan konstruksi, penggunaan mobil crane merupakan salah satu hal yang sangat penting keberadaannya. Akan tetapi tipe dari mobil crane ini ada sangat banyak. Jenis-jenis dari mobil crane ini dipilih sesuai dengan kebutuhan dari proyek anda. Lalu apa saja jenis mobil crane yang bisa digunakan dan bagaimana cara pemilihannya? Berikut ini adalah ulasannya.

Tipe dari mobil crane

Sesuai dengan namanya, mobil crane adalah sebuah alat pengangkutan atau crane yang bisa digunakan untuk berpindah tempat. Pada dasarnya ada 4 jenis mobil crane yang bisa digunakan dalam sebuah produk. Tipe dari mobil crane ini antara lain adalah :

  • Truck mounted
  • Rough terrain
  • Crawler
  • Dan juga mobil crane mengamban satu floating.

Masing-masing dari mobil crane ini memiliki kelebihan dan penggunaan yang berbeda. Atau lebih cocoknya akan lebih cocok digunakan untuk situasi yang berbeda. Lalu bagaimana tipe mobile crane yang lebih cocok untuk situasi proyek yang anda miliki? Berikut ini adalah ulasannya.

Tipe mobile crane truck mounted

Tipe mobil crane yang satu ini biasanya merupakan tipe mobil crane yang 1 unitnya biasanya terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian pembawa yang sering disebut dengan Lower dan komponen pengangkatan. Komponen pengangkatan pada tipe mobil crane truck mounted ini biasanya terdiri dari boom.
Kelebihan dari tipe mobil crane yang satu ini adalah kemudahannya untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain karena keberadaan rodanya. Selain itu ketika mobil crane tipe ini berhenti, ia juga bisa digunakan untuk memindahkan barang dari satu sisi ke sisi yang lainnya.
Kelebihan yang dimiliki oleh jenis mobil crane truck mounted ini adalah mengenai penggunaannya di tempat yang memiliki ketinggian. Mobil crane truck mounted adalah jenis mobil crane yang sangat cocok digunakan untuk melakukan pengangkutan di area yang tinggi. Seperti namanya, mobil crane truck mounted dilengkapi dengan roda sehingga memudahkan ia berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Selain memiliki kemampuan untuk berpindah, mesin dari mobil crane truck mounted yang digunakan untuk penggerak ini juga memiliki kekuatan yang besar sehingga memungkinkan mobil crane truck mounted ini untuk bergerak di tempat-tempat yang tinggi. Selain itu, karena ukuran dari mobil crane truck mounted ini seperti truk pada umumnya, maka mengendarai mobil crane truck mounted ke area proyek anda juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.
Penggunaan mobil crane truck mounted ini membantu anda untuk meminimalisir biaya yang dibutuhkan untuk pengangkutan mobil crane yang anda butuhkan ketika mengerjakan proyek yang berada di daerah perbukitan. Biasanya crane yang tidak bisa dipindahkan anda membutuhkan kendaraan lain untuk membawa crane tersebut ke tempat proyek anda di jalankan.
Lalu bagaimana dengan beban yang bisa diangkutnya? Jika dilihat dari jenis beban yang bisa diangkutnya, mobil mobil crane truck mounted ini biasanya mampu digunakan untuk mengangkut beban dari 2.000 ton. Sesuai dengan beban dan juga kemampuan yang dimilikinya, jenis dari mobil crane truck mounted ini merupakan jenis mobil crane yang sangat cocok digunakan untuk mengerjakan proyek di dataran tinggi seperti perbukitan.

Tipe mobil crane rough terrain

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, produk mobil crane yang satu ini akan lebih cocok digunakan untuk melakukan pengangkutan di area-area yang memiliki kondisi lahan yang sulit untuk dijangkau. Ketika anda mengerjakan proyek di area yang memiliki lahan yang terjal, maka tipe kendaraan ini sangat cocok untuk anda gunakan.
Tipe kendaraan mobil crane rough terrain ini merupakan tipe kendaraan pengangkutan yang dilengkapi dengan ban-ban besar yang memiliki pola ban yang dalam. Kondisi ban seperti ini memang sengaja ditujukan agar mobil crane tipe ini bisa digunakan untuk membantu pengangkutan bahan-bahan ketika melewati area terjal seperti area off road.
Untuk permesinannya, jenis mobil crane rough terrain ini biasanya hanya memiliki 1 jenis mesin. Baik mesin yang digunakan untuk berpindah atau digunakan untuk melakukan pengangkutan biasanya dikelola oleh 1 mesin.

Tipe mobil crane crawler

Jenis mobil crane selanjutnya yang akan kami rekomendasikan adalah tipe mobil crane crawler. Tipe mobil crane crawler ini merupakan tipe kendaraan pemindahan yang dilengkapi dengan ban rantai. Ban rantai ini adalah ban yang biasanya digunakan untuk kendaraan berat seperti tank perang. Tipe mobil crane crawler ini merupakan tipe mobil crane yang biasanya dilengkapi dengan mesin pembawa dan juga alat atau bagian pembawa dari mesin itu sendiri.
Biasanya tipe mobil crane crawler ini merupakan tipe kendaraan pengangkutan yang sangat cocok digunakan di area yang memiliki tanah yang memiliki struktur yang gembur seperti pada pasir. Hal ini disebabkan karena track atau ban dari mobil crane crawler itu sendiri.
Mobil crane crawler merupakan salah satu kendaraan pengangkutan yang memang sangat populer dengan stabilitas yang dimilikinya. Sesungguhnya jika anda ingin menggunakan sebuah pengangkutan yang memiliki stabilitas yang tinggi, maka memilih kendaraan pengangkutan berupa fixed crane merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Akan tetapi jika anda membutuhkan kendaraan yang memiliki stabilitas yang tinggi dan juga memiliki kemampuan untuk berpindah, maka mobil crane crawler ini adalah kendaraan yang cocok untuk anda.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stabilitas tinggi yang ditawarkan oleh mobil crane crawler ini disebabkan karena ban yang dimilikinya. Ban yang dimiliki oleh kendaraan mobil crane crawler ini memiliki ukuran yang lebar. Karena ukuran lebar yang dimiliki oleh ban dari mobil crane crawler ini membuat kendaraan tersebut bisa memijak tanah dengan lebih stabil dan tidak merosot ke dalam tanah.
Keberadaan ban dari kendaraan mobil crane crawler ini dipilih karena mobil crane crawler sendiri memiliki bobot yang besar. Selain itu, daya angkut yang dimilikinya juga cukup tinggi sehingga keberadaan ban yang besar ini menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Tipe mobil crane floating

Sesuai namanya, ketika bicara mengenai tipe mobil crane floating ini sudah pasti kita bicara mengenai proyek yang dilakukan di daerah perairan. Mobil crane floating merupakan salah satu jenis crane yang sangat cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan di perairan. Salah satu jenis pekerjaan yang dilakukan oleh tipe mobil crane floating ini adalah untuk membangun port dan juga jembatan.
Selain itu, mobil crane floating ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengangkutan barang-barang yang berat yang dari darat ke kapal yang berada di laut. Jenis mobil crane floating ini merupakan jenis mobil crane yang bisa dibangun untuk melakukan pengangkutan benda-benda dengan bobot yang besar. Salah satu produk mobil crane floating yang terbesar dan mampu melakukan pengangkutan paling berat adalah SSCV Thialf. Mobil crane floating ini merupakan mobil crane yang bisa digunakan untuk melakukan pengangkutan hingga 7.100 ton.

Tipe mobil crane all terrain

Jenis mobil crane selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan pengangkutan adalah mobil crane all terrain mobil crane all terrain merupakan salah satu jenis mobil crane yang disebut dengan mobil crane hybrid. Hal ini disebabkan karena kendaraan ini merupakan kendaraan yang disebut sebagai paduan antara truck mounted anda juga rough terrain crane.
Kendaraan ini memiliki kelebihan yaitu mampu berpindah di area jalan umum dan juga digunakan pada area yang terjal. Kemampuan pengangkatannya juga cukup baik karena mampu melakukan digunakan untuk mengangkat muatan hingga 2.000 ton.

Tipe mobil crane pick and carry

Tipe mobil crane yang satu ini merupakan tipe mobil crane yang didesain agar bisa melaju di jalanan umum. Sayangnya kendaraan pengangkut ini tidak memiliki kaki stabilizer atau outrigger. Hal ini menyebabkan kendaraan ini bukan merupakan kendaraan yang bisa digunakan untuk membawa muatan di sepanjang perjalanan melainkan digunakan untuk melakukan pemindahan di area tujuan dari proyek.

Cara memilih tipe mobil crane yang cocok untuk proyek anda

Nah, di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa jenis kendaraan pengangkutan yang cocok digunakan untuk proyek anda. Akan tetapi jika anda masih bingung mengenai jenis dari mobil crane yang cocok untuk kebutuhan anda, maka perhatikan beberapa tips untuk memilih mobil crane yang cocok untuk proyek ada berikut ini.

  • Tentukan tujuan pengangkutan
    Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika akan memilih mobil crane yang cocok untuk proyek anda adalah mengenai tujuan dari pengangkutan yang akan anda lakukan. Tanyakan terlebih dahulu pada diri anda apakah anda ingin melakukan pengangkutan dari satu tempat ke tempat anda menjalankan proyek atau hanya melakukan pengangkutan di area proyek. Jika anda membutuhkan pengangkutan di sepanjang jalan, maka jenis mobil crane yang anda butuhkan akan berbeda dari jenis pengangkutan di dalam area proyek. Jika anda ingin melakukan pengangkutan di dalam area proyek, maka tipe mobil crane pick and carry adalah yang paling tepat untuk anda.
  • Perhatikan area proyek anda
    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika anda akan memilih mobil crane yang akan digunakan untuk pengangkutan adalah mengenai kondisi area tanah di proyek anda. Mobil crane memang tersedia dengan banyak jenis ban. Jenis-jenis ban yang digunakan untuk melakukan pindahan ini bisa dipilih sesuai dengan jenis lahan yang akan dikerjakan. Jika anda akan mengerjakan proyek di area yang terjal, maka jenis mobil crane rough terrain akan lebih cocok sedangkan jika ingin melakukan pengangkutan di area yang memiliki tanah yang gembur, maka penggunaan mobil crane crawler akan lebih masuk akal.
  • Bobot yang perlu diangkat
    Selain memiliki penggunaan yang berbeda-beda, hal lainnya yang harus diperhatikan dari sebuah mobil crane adalah mengenai bobot pengangkutannya. Ya, sesungguhnya memang tidak semua mobil crane mampu melakukan pengangkutan bobot yang sama. Ada yang bisa digunakan untuk mengangkut bobot yang lebih banyak dan ada yang lebih sedikit. Nah dari sini, anda bisa memilih jenis mobil crane yang cocok sesuai dengan beban angkutan yang biasa dikerjakan di proyek anda.
    Demikian adalah ulasan mengenai cara memilih mobil crane yang cocok untuk proyek anda. Semoga dapat membantu.